Selasa, 20 Maret 2012

15, tak sampai lemas

 "Pedas adalah bagian dari hidup, maka kau harus merasakannya"


 Saya sebenarnya kurang suka makanan pedas. Bisa dibilang saya jarang sekali makan pedas. Tetapi suatu hari saya harus menerima tantangan seorang teman yang mengatakan bahwa "pedas adalah bagian dari hidup, maka kau harus merasakannya", dan saya harus menerima tantangan itu. Saya diajak ke tempat makan yang bernama Ayam Geprek Bu Rum. Tempat ini berlokasi di JL. Wulung, papringan Lor Yogyakarta. Disana kita bisa bebas minta cabe yang akan di uleg bersama ayam.

"wani piro lomboke mas?" si pemasak tanya pada saya. Saya langsung nyeplos "15 wae mas, ndak kepedesan".
Sedangkan teman saya yang di belakang sudah siap dengan 20 cabe di tangan. Dengan muka arogan-mesum, dia tersenyum kepada saya. 



Kemudian kami memilih tempat duduk, dan segera menyantap makanan sentimentil ini. "wasuu.. pedes tenan cuk!" temen saya berteriak sambil memukul-mukul badan saya. Dengan hanya tersenyum saya meneruskan makan saya. Saya sendiri yang tak doyan pedas sebenarnya sangat ragu sekali untuk memakannya. Saya harus berucap doa dalam hati pula. Setelah saya makan, satu suap, dua suap hingga lima suap, ternyata tak merasa kepedesan. Hanya keringat yang muncul dan menetes dari segala pencuru wajah. Sedangkan teman saya ini sudah menyurutkan 2 es teh milik saya dan miliknya. Dengan mulut memerah dan monyong, serta muka yang sudah sangat payah, ia menyudahi sepiring berisi ayam plus nasi. "Piye, kok ra entek? payah tenan kowe cuk!" saya sedikit mengejek. Mungkin karena teman saya yang jengkel dan malu, segera saja ia lalap makanannya dengan terlihat terpaksa.

"uwis dab, kapok aku." katanya dengan raut muka lega karena pedasnya sudah ternetralisir oleh es teh ke 3 pesanannya. Akhirnya saya mengakhiri tantangan teman saya ini dengan muka seperti habis sauna, sedangkan teman saya tampil membayar dengan muka merah mesum merona.

2 komentar:

  1. Hahaha...
    Untung cabe cuma 15 kagak dua puluh kayak temenmu. Aku aja 5 aja kagak kuat harus dicampur tomat biar kuat.

    BalasHapus