Selasa, 03 Januari 2012

Resolusi 2012 : Tentang Literasi Informasi Di Pedesaan

Jika boleh saya menuliskan resolusi tahun 2012, yang ingin saya tulis pertama adalah kemelekan informasi di daerah terpencil di seluruh Indonesia. Karena dengan masyarakat desa yang melek informasi, akan tercipta pondasi yang kokoh, untuk mengembangkan potensi desa mereka ke mata dunia. Sehingga desa mereka akan berkembang dengan baik.


Untuk mencapai ke jenjang ini, tentu perlu ada langkah yang dilakukan. Salah satu langkah yang dilakukan adalah membangun rumah edukasi berbasis internet. Jika membangun perpustakaan atau rumah buku, pasti sudah biasa, tetapi jika dibuat rumah edukasi yang berisi beberapa baris komputer, lalu komputer tersebut terhubung dengan jaringan internet, tentu masih jarang di Indonesia. Jika kita biasanya menyimpulkan informasi dengan cara membaca satu cetakan buku, dengan internet kita hanya tinggal mengetik kata kunci yang diinginkan dan kita akan segera mendapatkannya. Hal itu sungguh menghemat waktu pengguna internet.

Resolusi saya yang selanjutnya adalah menggalakan program "sarapan Informasi". Khususnya sarapan informasi di pedesaan. Yaitu dengan mencari informasi sebelum melaksanakan kegiatan sehari-hari. Mencari informasi tentu saja lewat rumah edukasi internet itu. Masyarakat dibebaskan mencari informasi apa saja di dalam internet, hingga akhirnya mereka mengerti informasi apa tentang hari ini.

Selain itu, anak-anak di pedesaan akan dibiasakan untuk mengunjungi rumah literasi ini paling tidak 1 hari sekali. Hal itu akan membuat mereka terbiasa dan merasa bahwa rumah literasi ini adalah milik mereka. Setiap sore, sepulang sekolah, akan diadakan pelatihan literasi bagi warga dan anak-anak desa, tentu dengan cara yang tak membosankan. Dengan informasi yang bersumber lewat internet melalui media game edukasi, tentu akan membuat anak-anak betah tinggal dan akan semakin terpacu untuk membuka internet, tentu saja untuk hal yang positif.

gambar diambil dari sini

Bagi para pemuda di desa, dengan kehebatan internet, mereka akan diajarkan bagaimana membangun desa mereka, sehingga mereka mendapatkan pekerjaan di desa, tanpa tergiur untuk merantau ke kota. Mereka dapat mencari potensi dari desa tersebut, dan membangun dengan maksimal, sehingga ladang uang akan tercipta. Begitu pula dengan petani di desa, melalui internet, mereka akan mendapatkan cara bercocok tanam yang baik, hingga pengetahuan mereka akan bertambah.

Akhirnya, resolusi akhir saya adalah ketika masyarakat pedesaan dapat mengakses internet secara mudah, dan mendapatkan hasilnya dengan maksimal dan dapat sejajar dengan masyarakat kota. Sehingga pada akhirnya mereka akan membangun desa mereka dengan baik dan menjadi desa yang maju, tanpa harus bergantung pada pemerintah pusat.


2 komentar:

  1. Mantap, Resolusi yang mudah-mudahan terwujud brother. Semoga desa dan kota menjadi seimbang akses informasinya.

    BalasHapus
  2. mantap...sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa agar tidak gagap informasi...
    semoga menang...

    BalasHapus